Cara Membuat Bootable HBCD pada Flashdisk

Hiren’s Boot CD (HBCD). Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar software yang satu ini? Ya benar, Hiren’s Boot CD adalah kumpulan software/tools yang lumayan lengkap untuk dijadikan salah satu software andalan dalam melakukan perawatan ataupun perbaikan terhadap komputer anda. Dalam versi-versi sebelumnya, HBCD hanya bisa dibuat dalam bentuk CD agar bisa booting. Namun sayangnya, komputer mini seperti Netbook tidak dilengkapi dengan CD/DVD-R, oleh sebab itu tidak mungkin untuk booting menggunakan Hiren’s Boot CD pada netbook. Satu-satu cara yang bisa digunakan adalah booting melalui USB disk. Jadi, kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana booting Hiren’s Boot CD (HBCD) melalui flashdisk. Bukan dengan cara copy-paste dari CD ke Flashdisk, tapi ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar flashdisk Hiren kita terbaca oleh komputer pada saat pertama booting.

Langkah pertama : Download Hiren Boot CD terbaru disini
Langkah kedua : Memformat USB Flashdisk
Perlu dicatat bahwa semua data yang ada di dalam flashdisk akan hilang, jadi pastikan anda sudah membackup semua data tersebut.
1.      Colokkan Flashdisk 512 MB atau lebih ke port USB pada komputer yang memiliki CD/DVD-R
2.      Download dan jalankan USB Disk Storage Format (34 KB).Ikuti screenshoot seprti di bawah ini :

 Langkah ketiga : Menginstall Grub4DOS ke dalam USB Flashdisk.
 Download Grub4DOS (187 KB), simpan saja di desktop. Lalu ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini :
1.      Klik kanan- pilih extract all (atau jika anda menggunakan WinRAR, pilih extract here)

2.      Klik NEXT


3.      Sekarang silahkan buka folder grub4dos yang baru saja anda extract. Lalu jalankan file grubinst_gui.exe dan ikuti langkah-langkah berikut ini :


4. Pilih drive flasdisk anda yang tadi, lalu klik INSTALL.


Langkah ke Empat : Copy File ke USB Flashdisk.
1.      Masukan CD Hiren ke dalam CD/DVD-R pada komputer. Lalu copy semua file yang ada pada CD Hiren anda ke dalam Flashdisk.
2.      Copy juga grldr dan menu.lst dari folder HBCD pada CD ke dalam root flashdisk (jangan ditempatkan di dalam folder). Sehingga tampilannya akan seperti ini :

 Ingatlah pribahasa yang mengatakan "You'll never know till you have tried", jangan takut salah untuk belajar. Karena justru dari kesalahan tersebutlah kita mengerti.
semoga bermanfaat

sumber : http://arisscoot.blogspot.com/2011/04/cara-membuat-bootable-hbcd-pada.html

1 comments :

safruddin amin. Diberdayakan oleh Blogger.