Peran Teknologi Informasi Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi
informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja
yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.
Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang salah satunya adalah : Bidang pendidikan(e-education)
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari
pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka.
Kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
Ø Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti
CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
Ø Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan
dalam sebuah jaringan
Ø Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak
jauh (Distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka
dan jarak jauh perlu dimasukan sebagai strategi utama.
Ø Perpustakaan & instrumen pendidikan lainnya (guru,
laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak
buku.
Dengan adanya perkembangan teknologi
informasi dalam bidang pendidikan, maka pada
saat ini sudah dimungkinkan :
·
untuk diadakan belajar jarak jauh
dengan menggunakan media internet
·
untuk menghubungkan antara pelajar dengan guru,
·
mengirimkan berkas tugas yang
diberikan guru dan sebagainya
·
melihat nilai siswa
secara online,
·
mengecek pembayaran.,
·
melihat pendaftaran masuk perguruan tinggi,
Faktor
utama dalam distance learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak
adanya interaksi antara pelajar dan guru. Namun demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan
untuk melakukan interaksi antara guru dan siswa
baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak. Dalam bentuk real time
dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real
audio atau real video, dan sebagainya.
Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion group,
newsgroup, dan buletin board.
Dengan
cara di atas interaksi pelajar dan guru
di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak 100%. Bentuk-bentuk materi,
ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam
web, seperti materi dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di download
oleh siswa.
Demikian
pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh pengajar
dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga
dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di
dukung dengan metode pembayaran online.
Suatu pendidikan jarak jauh berbasis
web antara lain harus memiliki unsur sebagai berikut:
1)
Pusat kegiatan siswa;
sebagai suatu community web based distance learning harus mampu menjadikan
sarana ini sebagai tempat kegiatan siswa, dimana siswa dapat menambah kemampuan, membaca materi pembelajaran, mencari informasi dan sebagainya.
2)
Materi online diluar materi pembelajaran; Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga bahan bacaan dari
web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa dapat langsung terlibat
untuk memberikan bahan lainnya untuk di publikasikan kepada siswa lainnya
melalui web.
3)
Pendalaman materi dan ujian; Biasanya guru sering
mengadakan quis singkat dan tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang
telah diajarkan serta melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini juga
harus dapat diantisipasi oleh web based distance learning
4)
Perpustakaan digital;
Pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan, tidak terbatas pada
buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar dan sebagainya.
Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk database.
5)
Interaksi dalam grup;
Para siswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan materi-materi
yang diberikan guru. Guru dapat hadir dalam group ini untuk
memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya.
Mewujudkan
ide dan keinginan di atas dalam suatu bentuk realitas bukanlah suatu pekerjaan
yang mudah tapi bila kita lihat ke negara lain yang telah lama mengembangkan
web based distance learning, sudah banyak sekali institusi atau lembaga yang
memanfaatkan metode ini. Bukan hanya skill yang dimiliki oleh para engineer
yang diperlukan tapi juga berbagai kebijaksanaan dalam bidang pendidikan sangat
mempengaruhi perkembangannya. Jika dilihat dari kesiapan sarana pendukung
misalnya hardware, maka agaknya hal ini tidak perlu diragukan lagi. Hanya satu
yang selalu menjadi perhatian utama pengguna internet di Indonesia yaitu masalah
bandwidth, tentunya dengan bandwidth yang terbatas ini mengurangi kenyamanan
khususnya pada non text based material.
Di
luar negeri, khususnya di negara maju, pendidikan jarak jauh telah merupakan
alternatif pendidikan yang cukup digemari. Metoda pendidikan ini diikuti oleh
para mahasiswa, karyawan, eksekutif, bahkan ibu rumah tangga dan orang lanjut
usia (pensiunan).
Makasih sob udah share, blog ini sangat membantu saya sekali .......................
BalasHapusbisnistiket.co.id